Rabu, 24 Februari 2010

Resensi "Finding Nemo"

Resensi Film
Judul Film : Finding Nemo
Sutradara : Andrew Stanton
Produksi : Walt Disney n Pixar
Kategori : Anak-anak dan keluarga

Film finding nemo ini menceritakan tentang seorang penyelam yang tidak sengaja menemukan nemo yang kemudian di peliharaoleh seorang dokter gigi. Nemo adalah jenis ikan clowfish, yang berbentuk mungil dan keren. Warnanya, selang seling orange dan putih, mungkin karena itulah disebut ikan badut.


Nemo melanggar himbauan ayahnya, untuk tidak bermain terlalu jauh. Nemo yang memiliki rasa ingin tahu dan gengsi tinggi merasa sebal karena dianggap “anak bawang“ oleh ayahnya. Untuk membuktikan bahwa ia anak yang pemberani, ia nekat mendekati sebuah boat, akhirnya Nemo tertangkap. Mulailah pada saat itu juga, Merlin berencana untuk menemukan Nemo, hingga ditengah perjalanan ia bertemu dengan Dory seekor ikan betina berjenis Regal Blue Tang, yang berbaik hati membantu Merlin mencari Nemo. Dory memang ikan yang baik, namun sedikit ceroboh, cerewet, sok tahu dan pelupa. Namun, keberadaan Dory sangat membantu Merlin, terlebih Dory mampu membaca, hingga mereka tahu tujuan mereka mencari Nemo, yakni ke Sydney.

Diperjalanan mereka bertemu dengan tiga ekor hiu ganas yang mendeklarasikan bahwa mereka hiu baik-baik yang bersahabat dengan ikan-ikan lain, namun tetap saja yang namanya hewan buas, insting pembunuhnya kembali tinggi ketika mencium bau darah. Lepas dari hiu ganas, mereka harus mengahadpi ikan menyeramkan didasar lautan, selanjutnya menghadapi hutan ubur-ubur dan ancaman-ancaman lainnya.
Ditempat lain, Nemo telah berada di dalam akuarium seorang dokter gigi yang memiliki keponakan, seorang anak kecil perempuan namun diperlihatkan menyeramkan karena suka membunuh ikan –bernama Darla. Walau diakuarium yang nyaman, nyawa Nemo juga terancam. Bersama teman-temannya di akuarium, beberapa kali mereka mencoba melarikan diri dengan mengotori kolam agar bisa dipindahkan ke kantong, dan dengan kantong tersebut mereka bisa lari dengan menceburkan diri ke laut.

Ditengah perjalanan, disaat akan putus asa, Marlin bertemu dengan segerombolan Penyu, yang pada akhirnya memberi tumpangan menuju Sydney. Setelah sampai di Sydney, Merlin dan Dory dibantu oleh seekor Pelican bernama Nigel yang tahu keberadaan Nemo. Film ini memang berakhir happy ending, seperti ciri khas film anak/keluarga kebanyakan. Namun tetap saja, aku yang segede ini, tetap bisa menikmati film animasi jempolan ini. Humor yang diperlihatkan adalah humor berkelas yang cerdas, beberapa adegan memperlihatkan kelucuan, diadegan lain diperlihatkan kesedihan, keberanian, semangat, putus asa Dll.

Kelebihan film ini : Film ini menggunakan efek 3 dimensi yang sangat baik juga dengan efek suara yang tak kalah dengan beberapa film sejenis, seperti Toy Story 1 dan 2, dan juga Bug’s Life, The Incredibles. Karena finding nemo ini memperoleh piala oscar untuk kategori film animasi terbaik..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar